Buka Pospeda, Kakankemanag Harapkan Potensi Santri Sampai ke Tingkat Nasional

POHUWATO (kemenag.go.id) –Pekan Olahraga dan Seni Daerah (Pospeda) antar Pondok Pesantren (Ponpes) tingkat Kabupaten Pohuwato, adalah sebuah ajang kompetisi untuk menggali potensi santri pada bakat dan minat khususnya di bidang seni dan olahraga.

Walau Pospeda tersebut adalah ajang kompetisi yang diperebutkan, kegiatan tersebut juga merupakan pengerat hubungan silaturahmi sesama santri yang ada di belahan nusantara. Sebab, pasalnya santri yang lolos mengikuti ajang kompetisi di tingkat Kabupaten, maka akan berlanjut ke tingkat Provinsi dan selanjutnya ke tingkat Nasional.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Pohuwato Fahry J. Djafar dalam sambutannya pada apel pagi persiapan pelaksanaan Pospeda dimulai, Ahad (14/8/22) bertempat di Ponpes Alkahairaat Buntulia.

“Pospeda ini di samping sebagai ajang prestasi bagi santri, ini juga sebagai sarana untuk bersilaturahmi antara santri Ponpes yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo sampai di Wilayah Republik Indonesia.” Ucapnya.

“Insya Allah, santri di beberapa Ponpes yang ada di Kabupaten Pohuwato yang akan mengikuti beberapa cabang lomba ini, bisa memperoleh prestasi yang terbaik, baik di tingkat Provinsi, dan Insya Allah akan ikut sampai ke tingkat Nasional.” Harapnya.

Selanjutnya, Fahry berpesan di hadapan santri untuk menunjukkan prestasi yang terbaik  dan dapat meraih kemenangan, sehingga hal tersebut dapat membawa harum nama Daerah. Fahry mengutip penggalan ayat Al-Quran pada surat Al-Mu’minun ayat 53 “setiap golongan akan merasa bangga dengan apa yang ada pada mereka.” Ungkapnya.

Sebagai penutup dalam sambutannya, Fahry mengucapkan selamat bertanding dan selamat berkompetisi pada ajang Pospeda Tahun 2022 “tunjukkan pada mereka bahwa madrasah itu hebat, bermartabat, mandiri, dan berprestasi.” Pungkasnya.

Turut hadir Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Mesra Kakilo, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Papkis) Saiful Annam, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Nursams Sidiki, dan seluruh Kepala Madrasah Ponpes se-Kabupaten Pohuwato. G@.