Tingkatkan Layanan Keagamaan, KUA Buntulia Gelar Pengenalan KUA Pusaka

POHUWATO (kemenag.go.id) –Balai Nikah dan Manasik Haji (BNMH) Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buntulia, menggelar pengenalan KUA Pusaka (Pusat Layanan Keagamaan), sebagai tujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat bahwa KUA bukan hanya sebagai kantor yang mengurusi pernikahan tetapi juga melayani semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat Kamis, (18/8/22).

Kepala BNMH KUA Buntulia Lalan Jailani, menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut berdasarkan instruksi dan penetapan Menteri Agama (Menag) pada revitalisasi KUA, yang awalnya hanya dikenal sebagai kantor untuk mengurus pernikahan, ditingkatkan menjadi kantor yang melayani semua aspek kehidupan keagamaan masyarakat.

Lalan menyebutkan, untuk Provinsi Gorontalo terdapat 7 Kecamatan yang menjadi lokasi penetapan revitalisasi Kantor Urusan Agama, 7 Kecamatan terdiri dari beberapa Kabupaten tersebut adalah:

“Kota Gorontalo terdiri dari KUA Kecamatan Kota Selatan, dan Kota Barat, untuk Gorontalo Utara bertempat di KUA Atinggola, Bone Bolango bertempat di KUA Botupingge, Boalemo bertempat di KUA Botumoito, Kab. Gorontalo bertempat di KUA Tibawa dan Pohuwato bertempat di KUA Buntulia.” Ungkapnya.

Tujuan revitalisasi KUA itu sendiri adalah meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama, penguatan program dan layanan keagamaan, serta meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan

Saat yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) melalui Kepala Seksi (Kasi) pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Papkis) Saiful Annam, menyampaikan bahwa ke depan KUA itu sendiri tidak hanya mengurusi aspek kehidupan agama Islam tapi juga melibatkan semua agama yang sah di mata Negara.

“untuk menciptakan sebuah pelayanan yang prima, maka ke depan KUA akan melayani semua aspek kehidupan umat beragama termasuk agama lainnya yang sah di mata negara.” Ungkapnya. (Humas)